Selasa, 19 Agustus 2014

Pengertian Inbound dan Outbound Link


Pengertian Inbound dan Outbound Link
Kali ini  saya akan menjelaskan apa itu Inbound dan Outbound Link. Sebelum ini saya banyak menemui blogger yang salah paham tentang apa itu Inbound Link mereka rata-rata bilang Inbound Link itu adalah link yang mengarah dari postingan kita ke postingan kita yang lain maupun homepage kita. Padahal itu hanya sebagian kecil dari pengertian Inbound link. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membenarkan kesalahpahaman itu sekaligus menjelaskan apa itu Outbound Link. 

 Jadi, Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. Jadi, analoginya seperti ini : Jika situs A melakukan link kepada situs B maka bisa dikatakan situs A mempunyai Outbound Link terhadap situs B dan situs B mempunyai Inbound Link terhadap situs A. 

Sedangkan Outbound Link adalah sebaliknya yaitu link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain.

Outbound dan Inbound Link sebenarnya mempunyai pengertian yang sama hanya tergantung kita dari mana kita memandangnya. Jika kita membangun suatu outbound link terhadap suatu blog maka hal tersebut merupakan inbound link bagi web/blog dan sebaliknya jika suatu web/blog membuat outbound link terhadap blog kita maka hal itu juga menjadai inbound link bagi blog kita.

Dari pengertian tersebut, yang dapat kita lakukan secara langsung adalah membangun suatu Outbound Link. Sedangkan Inbound Link akan tercipta dengan sendirinya setelah kita mempunyai page rank yang bagus. Atau bisa juga dikatakan setelah kita sukses membangun Outbound Link maka kita akan mendapatkan peringkat blog yang tinggi dan efek selanjutnya adalah kita akan mendapatkan Inbound Link dari blog/web lainnya.

Membangun Outbound Link bertujuan untuk mendapatkan banyak backlink agar posisi blog atau halaman postingan tertentu dapat kita optimalkan. Untuk mendapatkan backlink yang bagus kita dapat mencoba melakukan Outbound Link terhadap web/blog yang ber-PR dan ber-SEO tinggi. 

Yang perlu diperhatikan dalam membuat atau membangun Outbound Link adalah sebagai berikut.

    Perhatikan penggunaan Anchor Text-nya (teks yang dipergunakan untuk menempelkan link dalam postingan kita).
  •         Usahakan menggunakan Anchor text berupa kata kunci (keyword) yang berbeda-beda.
  •         Hindari penggunaan anchor text dengan menggunakan teks yang sama dengan alamat URL blog. Sebagai contoh, alamat URL blog ini adalah http://masterseodanweb.blogspot.com. 
  • Jika kita ingin membuat link terhadap URL tersebut, usahakan untuk tidak menggunakan alamat URL tersebut sebagai anchor textnya, kita dapat menggunakan anchor text Tips dan Trik Blog (nama blog ini), atau keyword lain yang relevan.
  •         Usahakan menggunakan anchor text berupa keyword yang sesuai dengan tema blog kita, atau kategori postingan kita.
  •         Usahakan untuk tidak menempatkan anchor text hanya pada satu bagian tulisan saja, namun kita dapat menempatkannya pada paragraph pertama, paragraph tengan, dan juga paragraph akhir.
  •     Kita dapat membuat link yang mengarah kepada blog kita sendiri atau bahkan pada postingan lain dalam satu blog yang kita anggap mempunyai backlink yang bagus.
  •     Usahakan untuk membuat Outbound Link pada setiap halaman postingan.
Sekian dari saya semoga bermanfaat mohon maaf apabila ada kesalahan sampai jumpa dan salam SUKSES.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar